cerita kecil

perubahan itu nyata ada di diri kita

oleh: indonesia 07

Ketika saya kecil. Akan menjadi sangat berbahagia manakala dewasa kelak. Semua serba dikerjakan sendiri, dan melakukan sekehendak cita-cita. Dan sekarang benar-benar saya menapakinya. Umur untuk panggilan pemuda sudah melekat dalam diri saya.

Tak ada yang meminta untuk saya berubah, tak ada yang memaksa saya untuk menjadi obyek tertentu. Tak ada yang membujuk dengan kerasnya agar saya menjadi sesuatu. Karena apa-apa yang ada diri saya adalah kumpulan keputusan yang telah saya ambil untuk membentuk suatu pribadi bernama diri saya.

Saya tahu, saya belum mengenali ruh yang ada dalam diri saya secara menyeluruh dan memaksimalkannya untuk diri saya sendiri maupun orang lain. Namun, ternyata ia memiliki kemampuan belajar dan memahami hikmah walau masih dalam cakupan hal-hal tertentu.

Ia ternyata mudah sekali tersentuh akan kemurah hatian seorang teman, ia ternyata sangat mudah termotivasi, dan ia mampu mengukur batas kesabaran dan menentukan kapan harus memberontak. Ia dapat terasah untuk mengambil sifat positif dari teman-teman di sekitarnya. Ia ternyata bisa mengontrol emosi sehingga masalah dapat ditanggapi dengan ketenangan.

Suatu saat, pastilah kita masih menanyakan siapa diri kita sebenarnya. Kemudian saya kini teringat dengan kata-kata yang diperoleh dari seseorang,:’untuk melihat masa lalu, maka lihatlah apa yang ada sekarang. Apabila pertanyaan kala saya kecil itu diulang, maka saya mendapat jawabannya. Ya, siapa saya dahulu? Kini saya berada disekeliling orang-orang yang penuh semangat dan memiliki visi. Pastilah dahulu saya orang yang demikian. Sekarang saya berada di dekat orang-orang yang kreatif, dan saya berharap dahulu saya pun demikian. Dan hal itu akan terus menjadi pendorong saya di langkah pergantian untuk masa depan.

Tidak ada masalah mengenang masa lalu, yang kata orang menjadi sejarah. Hanya mengingatkan makna kata ‘sejarah’, yakni sesuatu yang menyimpan hikmah dan pelajaran. Jika bukan, maka tak dapat dikatakan sejarah. Sejarah adalah rangkaian cerita yang memberikan kesan, memiliki keunikan yang tak ada yang menyamainya. Bisa jadi sederet keberhasilan kecil, ataupun kesedihan yang tak ingin terulang. Tidak ada masalah untuk menyempatkan diri menyimak masa lalu kita.

Sekarang adalah waktunya untuk menunjukkan bahwa kehidupan kita bukanlah seperti makhluk seperti halnya binatang. Kita adalah kekuatan untuk bangsa ini. Tangan dan langkah kita pastilah takkan mengeluh karena besarnya kontribusi. Mungkin dzahir kiranya, tak selalu orang melihat keringat kita. Tapi apapun itu, kita akan menciptakan pemaknaan lebih terhadap kata ‘pemuda’. Ia memahami bijaknya hikmah masa lalu, dan pentingnya menjadi seseorang di masa depan. Sekali lagi sahabatku, perubahan itu nyata ada di diri kita.

Responses

  1. teman-teman, akhwat2, cewe2, boleh nyumbangin tausiyah, nasihat dari peristiwa yang pernah dialami loh..

  2. mengenalmu membuatku menjadi lebih sabar..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: