LPJ

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN

DEPARTEMEN KEMUSLIMAHAN

SAHABAT ASRAMA 05

A. Pendahuluan

Bismilahirahmanirrahim

بَعْضٍ أَوْلِيَاء بَعْضُهُمْ وَالْمُؤْمِنَاتُ وَالْمُؤْمِنُونَ

وَيُقِيمُونَ الْمُنكَرِ عَنِ وَيَنْهَوْنَ بِالْمَعْرُوفِ يَأْمُرُونَ

حَكِيمٌ عَزِيزٌ اللّهَ إِنَّ اللّهُ سَيَرْحَمُهُمُ أُوْلَـئِكَ وَرَسُولَهُ اللّهَ وَيُطِيعُونَ الزَّكَاةَ وَيُؤْتُونَ الصَّلاَةَ

And the believers, men and women, are protecting friends one of another; they enjoin the right and forbid the wrong, and they establish worship and they pay the poor-due, and they obey Allah and His messenger. As for these, Allah will have mercy on them. Allah is Mighty, Wise.

( QS At Taubah :71)

Segala puji milik Allah SWT dan Shalawat selalu terlantun untuk Rasul Muhammad SAW , salam rahmat teruntuk kekasih, sahabat, dan penerus perjuangan beliau di akhir hayat.

Menjadi hal yang ideal dalam organisasi untuk menyelenggarakan program yang riil dan realistis. Departemen Kemuslimahan Sahabat Asrama 05 berupaya dengan berbagai keterbatasannya melaksanakan kerja dakwah ini secara optimal. Historia semper reformanda, Bahwa perubahan berawal dari bijaknya kita menilai sejarah. . Laporan pertanggung jawaban Departemen Kemuslimahan Asrama 05 semoga menjadi pembelajaran untuk kepengurusan berikutnya

PROFIL DEPARTEMEN

Deskripsi

Kemuslimahan merupakan zona khusus dari syiar, dengan perempuan sebagai objek dakwah yang diharapkan mampu memberikan fokus yang lebih nyata dan spesifik. Deskripsi kerja meliputi program-program yang mengupayakan kompetensi mengenai perempuan dalam Islam, terkait fiqih, kontribusi muslimah dalam dakwah dan kehidupan sosialnya, skill, dan mampu mencermati dan memahami lebih mengenai isu perempuan.

Pentingnya penokohan dan pemberi inspirasi menjadi alasan untuk diadakannya program kerja yang berkaitan dengan kreativitas dan keilmuan yang bernafaskan Islam

Departemen Kemuslimahan diharapkan pula bekerja sinergis dengan alur kerja langsung dari Ketua Keputrian Sahabat Asrama, sehingga dapat dijadikan wadah perekat ukhuwah muslimah antar anggota Sahabat Asrama..

Fokus kerja departemen adalah perekatan internal departemen, peningkatan tsaqofah keislaman terutama dunia muslimah, dan menggerakkan trigger pembenahan penuansaan Islam di asrama, berikutnya adalah mengadakan syiar melalui kajian untuk seluruh muslimah asrama.

Tiap anggota diharapkan memperoleh manfaat pembentukan karakter dan kepribadian disamping pengetahuan tentang fokus departemen. Treatment berupa mekanisme team work yang dijaga pada setiap proker, yang berfungsi untuk memberdayakan kemampuan teknis dan personal tiap anggota. Pesan tausiyah secara intensif baik berupa penyampaian hadis maupun motivasi menjadi upaya efektif untuk menjaga keterikatan antar anggota.

Keterlibatan pada Forum Ukhuwah di penghujung kepengurusan, dan pembagian Buku Cerdas untuk internal departemen menjadi program kerja yang berhasil memenuhi kebutuhan kognitif anggota.

Keanggotaan

No

Nama

Fakultas/Jurusan

1

Asri Nur Aini

FISIP/ Ilmu Komunikasi

2

Annisah

FISIP/Kesejahteraan Sosial

3

Luthfi Fatimah

FISIP/Sosiologi

4

Fitria R

FT/Teknik Kimia

5

Yenny Anggraeni

FKM/Kesehatan Lingkungan

6

Magfhuro

FKM/Kesehatan Lingkungan

7

Sekar Ayu N

FE/ Akuntansi

8

Sulistyowati

FE/Manajemen

9

Afriza

FIB/Sastra Arab

Analisis SWOT DEPARTEMEN

Strenghtness

· SDM yang solid. Kemudahan untuk mengadakan pertemuan, karakteristik yang saling melengkapi, waktu dan tempat yang fleksible untuk syuro, pesan tausiyah yang dikirim intensif makin mengakrabkan internal departemen. Kemampuan anggota departemen yang berbeda-beda, menjadi ajang sharing potensi sesuai dengan ilmu (core competence), sehingga terbangun kretivitas, berpikir kritis lewat diskusi, saling dengar pendapat dan ide. Sebagian besar sudah paham akan pentingnya dakwah syiar khusus muslimah.

· Inisiatif. Tidak terpaku oleh program kerja, menyerukan isu dengan responsive, dan inisiatif bekerjasama dan saling membantu dengan departemen lain untuk program bersama.

· Bersahabat. Karakter internal departemen yang bersahabat mempermudah dalam syiar, sounding acara Sahabat Asrama, dan mengajak massa untuk berpartisipasi langsung dalam dakwah asrama

· Koordinasi yang baik. Koordinasi yang dibangun di antara sesama anggota ikhwan-akhwat Sahabat Asrama dan bantuan moriil dan materiil memberikan kemudahan dalam pelaksanaan program kerja.

Weakness

  • Keterbatasan dana

Meski dapat disiasati melalui dana usaha, namun karena kesibukan anggota membuat pengumpulan dana kurang maksimal.

  • Publikasi kurang massif

Pada acara kajian, publikasi disediakan satu untuk tiap lorong, hanya beberapa gedung yanng memperoleh publikasi satu untuk tiap kamar muslimah. Publikasi terkesan mendadak dan tersebar menjelang hari H dikarenakan menunggu konfirmasi pembicara. Publikasi tersampaikan tiga hari sebelum pelaksanaan kajian ternyata belum mampu diupayakan.

  • Manajemen Waktu Syuro

Waktu syura yang dimulai pukul sembilan malam mengakibatkan pembahasan selesai larut. Pembicaraan sering tidak focus.

Opportunity

  • Banyaknya jumlah muslimah asrama sebagai objek dakwah
  • Anggota Sahabat Asrama banyak yang memiliki kompetensi dan ide kreatif sehingga dapat berbagi ilmu
  • Dakwah cultural

Threat

  • Isu-isu kebebasan yang semakin berkembang. Masalah pakaian minim dan pengkondisian kantin yang belum ‘teduh’ dengan nuansa Islam masih menjadi ancaman.
  • Apatis terhadap pentingnya mengkaji Islam. Massa enggan datang acara Kemuslimahan maupun acara yang diselenggarakan Sahabat Asrama pada umumya
  • Vandalisme. Pihak yang kurang menyukai gerakan dakwah di gedung puteri sempat membuat kerusakan media syiar yang telah dibuat
  • Eksklusivitas

Perempuan berjilbab masih dipandang sebagai komunitas yang tidak ingin, dan tidak bisa bergaul dengan peer group lain.

B . EVALUASI Program Kerja

Motivation Building :

Acara pertama yang diselenggarakan departemen kemuslimahan berupa training motivasi pengembangan diri dan penyemangat untuk berdakwah di asrama

a. Waktu : Maret 2008

b. Tempat : Gazebo dan Lapangan Gedung Puteri

c. Sasaran : Mahasiswi muslim asrama

d. Tujuan : Secara umum untuk mengalirkan motivasi antar pengurus untuk berdakwah dii asrama, serta mempererat ukhuwah dan menjalin persahabatan pada umumnya

e. Parameter keberhasilan : Target peserta 30 orang dan acara berlangsung tepat waktu

f. Sumber dana : Dana usaha kemuslimahan

Evaluasi Umum :

Perencanaan baik, dua minggu sebelum hari H, publikasi lewat media flier yang berisi motivasi di koridor asrama. Dana usaha berlangsung lancar dan menjadi awal kekompakan Kemuslimahan dan akhwat Sahabat 05. Pembicara hadir tepat waktu, tetapi para peserta datang terlambat. Diawali dengan perkenalan, bagaimana mengenal diri, dan tausiyah selama 30 menit. Peserta kemudian menuju ke lapangan Gedung puteri dan bermuhasabah.

Acara berjalan lancar, namun sempat ada gangguan oleh suara musik di Hotel Makara.

Pesan Sahabat Muslimah

Lembar informasi mengenai fiqih perempuan dan tausiyah bagi mahasiswi muslim asrama

a. Waktu : April dan Juni 2008

b, Sasaran : Mahasiswi muslim asrama

c.Tujuan : Menambah keilmuan tentang fiqih perempuan

d. Parameter keberhasilan : tersebar sebanyak 200 lembar tepat waktu

e. Sumber dana : dana usaha kemuslimahan

f. Evaluasi umum :

Pertama kali memuat bagaimana cara berhias yang syar i, yang kedua mengenai langkah-langkah menjadi muslim yang berbahagia, dan lembar ketiga berupa buletin yang diberikan saat penyambutan mahasiswa baru. Tersebar kurang merata, dan tidak tepat waktu.

g. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Faktor pendorong : tersedianya berbagai litelatur dengan mudah

Faktor penghambat : dana yang kurang maksimal,

Rekomendasi :

Kelemahan dari program kerja ini adalah feedback yang tidak dapat dideteksi secara dzahir. Untuk itu, program ini bisa diganti dengan tulisan mengenai isu-isu terkini, atau permasalahan perempuan yang ditempel di mading-mading mushola. Berikan lembar untuk mengisi komentar tentang tulisan tersebut. Dari timbal balik yang diberikan mahasiswi, kita bisa mengukur secara kualitatif tingkat kepahaman mereka mengenai Islam. Hal ini bisa disebut dengan Market research pula, sehingga kita mengerti pa yang objek dakwah butuhkan. Upayakan di update sebulan sekali. Sangat baik jika tulisan tersebut ditulis oleh anggota departemen dengan referensi berbagai sumber yang shahih dan mendukung.

Workshop Softskill

Acara terlaksana bersama rangkaian Silaturahim Muslim Asrama UI 2008. Berupa pelatihan membuat handycraft dari kain flanel.

a. Waktu : Ahad, 3 Agustus 2008

b. Tempat : Lapangan Asrama gedung puteri

c. Sasaran : seluruh mahasiswi muslim Asrama

d. Tujuan :

Menyambut mahasiswa baru dan memperkenalkan Sahabat Asrama

Menambah kemampuan berkreativitas

Forum silaturahim

e. Biaya

Pemasukan :

Dana Usaha : Rp. 115.000

Infaq : (*

Pengeluaran :

Publikasi dan Buletin: Rp. 28.000

Konsumsi : Rp.35.000

Sponsor Souvenir : Rp 10.000

Kain Flanel : Rp.54.500

(*angka kurang spesifik, dikarenakan sunduq yang masuk tidak di follow up)

Sumber dana : dana usaha dan kerjasama danus Samurai

f. Evaluasi Umum

Acara berlangsung dengan perencanaan yang baik. Partisipasi maba cukup, namun jumlah peserta kurang banyak. Acara terlambat 30 menit menunggu peserta dan pengisi acara. Publikasi ternyata belum cukup dengan media pengumuman biasa. Sehingga ajakan lewat seruan per lorong secara langsung dianggap perlu.

g. Evaluasi Khusus:

Susunan acara :

10.30-10.35 Pembukaan oleh MC dan tilawah Quran

10.35-10.40 Tausiyah oleh Korwat Sahabat 05

10.40-11.30 Workshop

11.30- 11.40 Pembagian sovenir dan penutup

Publikasi lancar, jumlah panitia 2007 seimbang dengan jumlah peserta. 2008. Peserta mendapat pengetahuan baru mengenai pembuatan handycraft.

Penuansaan Syiar Gedung Puteri

Asrama sebagai ranah syiar Islam membutuhkan pendekatan besifat kekeluargaan, dan bersahabat. Menjadikan media sebagai sarana pengejewantahan diharapkan mampu mengajak mahasiswi untuk berperilaku yang dekat dengan nilai-nilai Islam. Gerakan media antara lain pemasangan flier, dan stiker seruan berjilbab.

a. Waktu Pelaksanaan :

Flier Koridor : Oktober, November, Desember 2008

Banner : Januari 2009

Stiker : akhir Februari 2009

b. Tempat : Koridor Asrama Puteri dan Kantin

c. Sasaran : Seluruh Mahasiswi asrama

d. Tujuan :

sebagai upaya persuasive untuk memakai hijab, pengingatan untuk menjaga ibadah, motivasi menuntut ilmu, dan berbuat baik terhadap orangtua

meningkatkan intensitas pertemuan dan diskusi pada proses pembuatan flier,

mendorong kreativitas anggota

e. Evaluasi :

Pembuatan flier teknik handmade mampu meningkatkan kreativitas, sekaligus menjalin ukhuwah antar anggota, termasuk anggota departemen lain. Media flier berupa tausiyah dengan bahasa yang komunikatif terbukti mampu memberi kesan baik dan menyentuh. Mahasiswi banyak yang memberikan komentar baik karena pengingatan akan doa-doa sederhana dalam media flier. Namun, terdapat threat dari pihak yang kurang suka dengan syiar di asrama. Flier sengaja di’rusak’ hanya beberapa jam setelah pemasangan, sehingga harus diperbaiki kembali.

Rekomendasi :

Proker diharapkan terus terlaksana rutin setiap bulan sekali. Cara tersebut lebih efektif dan hemat daripada memberikan lembaran tausiyah tiap lorong yang tidak diketahui apakah masih disimpan atau tidak. Pembuatan sebaiknya terjadwalkan dengan baik, sehingga tidak menjadi beban. Akibatnya, setelah mengerjakan tugas kuliah, kemudian membuat sampai larut malam.

Blog Kemuslimahan Sahabat 05

Dakwah syiar lewat internet, memuat tulisan karya pengurus akhwat, referensi mengenai fiqih, akhlak, ibadah., tausiyah, tips dan forum ukhuwah sebagai komentar dan feed back mengenai acara dan keadaan Sahabat Asrama 05

a. Waktu : Rutin tiap ahad

b. Sasaran : Pengurus Sahabat Asrama dan mahasiswi di Asrama

c. Tujuan :

Sebagai eksistensi Sahabat Asrama, mengembangkan kompentensi dan kognitif sasaran dakwah, menyebarkan nashyrul fikrah, mendorong muslimah untuk giat menulis dan berpendapat, serta media untuk mempererat ukhuwah

d. Parameter Keberhasilan

Memuat banyak karya pengurus akhwat sesuai core competence, update rutin tiap minggunya

e. Sumber dana : gratis!

f. Evaluasi Umum

Terlaksana dengan baik, memuat konten yang penting untuk diketahui. Blog stats menunjukkan bahwa blog kemuslimahan sering dikunjungi. Esensi mengenai forum ukhuwah dapat dirasakan, dengan banyaknya komentar serta pemberitaan kabar sesama anggota. Penanggung jawab mampu melakukan update secara rutin. Ekspektasi akan banyaknya tulisan muslimah Sahabat 05 sesuai dengan core competence ternyata belum cukup baik, karena hanya beberapa saja yang menyumbang tulisan dalam blog. Penyebabnya bias jadi karena penanggungjawab belum massif menyosialisasikan atau bahkan memaksa anggota untuk menulis.

g. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi :

Faktor Pendukung : akses internet yang mudah, konsisten untuk menulis,

Faktor penghambat : Manajemen waktu, loading yang lambat sempat menghambat banyaknya tulisan yang dimuat,

h. Rekomendasi

Program tersebut perlu dipertahankan, mengingat pentingnya kemampuan menulis. Design yang lebih menarik dan lengkap serta sosialisasi yang baik akan menjadikan proker sederhana ini sebagai media syiar yang cukup efektif.

Kajian Kepemimpinan Wanita dalam Islam

Rangkaian kegiatan magang untuk mahasiswi 2008. Kajian tentang masalah kepemimpinan perempuan dalam sudut pandang Islam. Kajian akan menjawab pertanyaan mengenai batasan apa saja perempuan boleh memimpin, dan jawaban mengapa laki-laki lebih banyak memimpin, dan cerita mengenai bentuk kepemimpinan era shahabiyat.

a. Waktu : 14 November 2008 pukul 20.30 WIB

b. Tempat : Gazebo Asrama

c. Sasaran : Mahasiswi muslim asrama

d. Tujuan : Memberikan penjelasan logis kepada mahasiswi yang belum paham mengenai batasan perempuan dalam memimpin, dan mendorong mahasiswi untuk berjiwa pemimpin

e. Paramater Keberhasilan: Peserta minimal 30 orang, tepat waktu, pembahasan komprehensif

f. Sumber dana : Kas sahabat Asrama

Evaluasi Umum

Acara magang ini berlangsung dengan baik, dengan panitia dari 2008 sebanyak 7 orang. Meski masing-masing disibukkan oleh tugas kuliah, tetapi tetap melakukan konfirmasi izin dan koordinasi. Tahap magang mulai dari membuat publikasi, dekorasi, dan TOR acara. Selanjutnya, teknis sebagian besar diusahakan oleh akhwat Sahabat 05. Acara sempat terulur karena menunggu kehadiran pembicara..

g. Faktor yang Mempengaruhi

Faktor pendukung : kinerja yang solid, koordinasi yang baik ikhwan-akhwat

Faktor penghambat: Kesibukan yang menghambat pembagian tugas

Peringatan Hari Ibu

Muhasabah dalam rangkaian menyambut hari Ibu

a. Waktu : 20 Desember 2008

b, Sasaran : Mahasiswa muslim asrama

c.Tujuan :

Menambah keimanan lewat perhatian kita terhadap orangtua, upaya muhasabah diri selama menjadi seorang anak

d. Parameter keberhasilan : terselenggara tepat waktu, peserta minimal 50 orang

e. Evaluasi umum :

Acara tidak terlaksana karena kesibukan untuk fokus pada ujian Akhir, dan hari yang memungkinkan ternyata diprioritaskan untuk Musyawarah Besar Ketua Sahabat 06. Rangkaian peringatan hari Ibu hanya berupa seruan media flier untuk mengajak mahasiswi berbuat baik kepada orangtua. Tetapi terdapat oknum yang merusak 3 flier, terjadi belum lama setelah flier terpasang. Dana yang ada dialokasikan untuk perangkat Forum Ukhuwah

Forum Ukhuwah Kemuslimahan

Acara berupa pertemuan internal departemen untuk menganalisis SWOT muslimah di Asrama, sesi menceritakan pengalaman pribadi, sekaligus menyiapkan kenang-kenangan untuk akhwat Sahabat Asrama 05.

a. Waktu : 11, 13, 27 Februari 2009

b. Tempat : Mushala E1.2

c. Tujuan :Menganalisis bersama tentang keadaan muslimah di asrama untuk mempermudah kinerja kepengurusan Departemen Kemuslimahan periode selanjutnya, moment untuk mempererat kerjasama hingga kepengurusan berakhir

d. Parameter Keberhasilan : Terlaksana dengan melibatkan anggota secara keseluruhan

e. Sumber Dana : dana usaha dan infaq Kemuslimahan

f. Evaluasi Umum

Berlangsung sangat baik, semua mengungkapkan pendapatnya mengenai Sahabat Asrama secara khusus dan memberikan solusi dengan baik. Ukhuwah semakin terjalin, sampai-sampai bercerita hingga dini hari sembari membuat sovenir dari kemuslimahan.

Buku Cerdas

Bentuk program kerja berupa kumpulan informasi tentang politik perempuan, fiqih, isu feminisme, yang diperuntukkan bagi internal departemen

a. Waktu : Februari 2009

b. Sasaran : Internal departemen

c. Tujuan : Memberikan jawaban atas pertanyaan mengenai fiqih wanita, memberikan pemahaman yang lebih tentang pentingnya isu perempuan untuk diangkat

f. Parameter Keberhasilan : Anggota menjadi semakin paham dan berinisiatif untuk menjadi public leader mengenai isu perempuan

g. Sumber dana : Iuran anggota

h. Evaluasi Umum

Buku ini tersusun ketika akhir, sebelumnya hanya berupa diskusi dan pertanyaan yang tidak dicatat. Akan sangat baik jika diberikan pada awal kepengurusan untuk memperkuat aspek keilmuan departemen.

i. Faktor yang Mempengaruhi :

Faktor Pendorong : Informasi mudah diperoleh

Faktor penghambat : Kurangnya menejemen waktu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: