surat untukmu

persahabatan kecil di asrama

persahabatan kecil di asrama

Assalamu’alaikum Wr!!!

Ya, tidak terasa sudah separuh tahun menjadikan Sahabat Asrama sebagai ladang dakwah kita, sekaligus mengembangkan aspek afeksi dan kognitif kita. Afeksi, manakala kita memaknai lebih tentang ukhuwah. Kita semakin menyayangi sahabat kita karena Allah karena komitmenmya, kecerdasannya, kerapiannya. Kita semakin mencintai mereka karena Allah disebabkan keikhlasan dan semangatnya. Sementara dari aspek kognisi kita makin mendalami tentang pentingnya program yang terencana, dan bagaimana manajemen kerjasama tim.

Selama ini kita melewati, melaksanakan program kerja, bisa jadi seratus persen belum memenuhi target. Kata anak FIB, sejarah memang tidak pernah terulang, tapi kita sering mengulanginya. Kita terkadang mengulangi kesalahan berkomunikasi, syuro yang tidak efisien, dan ketidaktepatan waktu. Sebenarnya itu adalah sejarah, tapi kita sering mengulanginya.

Atau kata anak Fasilkom… menyebutkan tentang I-P-O, input, proses, output. Apabila menghendaki output baik, maka tentulah prosesnya harus baik,. Jika kita menginginkan acara kajian kita sukses, tetapi dalam proses ternyata kita kehilangan semangat, keengganan, maka jangan harap kita mendapat apa yang kita bayangkan.

Lalu.. kata anak FE.., bagaimana ya dalam proses itu agar pada akhirnya kita berhasil mensyiarkan dakwah kita? Ya , kita butuh Market Research, yaitu mempertimbangkan beberapa hal untuk melakukan proses penyusunan proker. Yang pertama, tidak bersifat reaksioner, dan kedua, memang butuh tahapan gradual. Kita pun melihat urgensinya, yakni.. a.. apakah sesuai kebutuhan, be… tepat sasaran atau tidak.. dan ce.. efektivitas waktu dan SDM.. dan memang perlu integrasi dengan Lembaga lain…

Nah.. sebentar lagi ada kajian kemuslimahan, penuansaan, gerakan jilbab, madding, slogan, bulletin, Hari Ibu. Semoga kita dapat melewatinya dengan lebih baik lagi karena mengharap keridhaanNya semata. Allah selalu mencintai kita, dan inginnya kita menjadikanNya kekasih di setiap ingatan ketika melakukan amal..

Semoga Allah merahmati ukhti semua

Wassalamualikum Wr!!

akhwat1




Kadep Kemuslimahan

Dan rendahkanlah dirimu kepada keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah : “Wahai Tuhanku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka mendidik aku pada waktu kecil (QS Al Isra:24)

IBU, KASIH SAYANG ALLAH SANGAT DEKAT

IBU dan aku

IBU dan aku

oleh : cahaya mata

Saat ini, langit berselimut dalam keagungan malam, seperti lukisan polos bertabur berlian yang tiada akan sayu. Ia berteman angin yang membawa ingatanku pada seseorang yang kucintai. Ia adalah rahmat yang terkirim dari Yang Maha Penyayang,.. Ia adalah penasihat bagi hati kecil yang selalu mengeluh. Dialah pintu surga yang sempat kusentuh di dunia dan kurasakan keteduhannya. Ia adalah seseorang yang memiliki kedalaman hati yang ikhlas dan tiada terukur… Dan dia adalah ibuku..

Saat ini mungkin engkau tiada lepas memikirkanku, buah hati yang tinggal begitu jauh, dan begitu engkau ingin terus selalu bersamaku. Saat ini mungkin engkau tengah berdoa, memohon kepada Yang Maha Penyayang, untuk selalu melindungiku dan senantiasa memberikanku senyum kebahagiaan. Saat ini mungkin engkau tengah menitikkan air mata, mengingat kebersamaanku denganmu,. Ibu jangan bersedih, kasih sayang Allah sangat dekat..

Jika memang cerita hidup kita akan panjang, sungguhlah aku bersyukur jika Ia memperkenankan untuk selalu menemanimu. Menggantikan kesabaranmu ketika ku menangis, menggantikan keikhlasanmu ketika mengajarkanku pengetahuan tentang hati, menggantikan air matamu ketika ku telah membuatmu bersedih.

Ibu, ketika kuingat masa kecilku yang menyusahkanmu, engkau terus menjadi cahaya yang tiada redup, lewat doa di tengah malam yang larut., tak jarang tiada kau hiraukan kesehatanmu, dengan kekuatan yang selalu tersisa untuk mendampingiku… Terkadang pula engkau menatapku sambil tersenyum saat ku tertidur, mungkin mengingat kenakalan kecilku. Namun, selalu terselip doa tulus untukku, dan begitu engkau menyayangiku..

Ibu, jika cerita hidup kita akan panjang, sungguh kuingin selalu membuatmu bangga memilikiku, dan akan kujawab doa-doamu dengan usahaku

Ibu, janganlah engkau bersedih lagi, inginnya aku memelukmu dan membisikkan cita-citaku yang tercapai dan yang engkau impikan dariku.

Ya Rabb, jadikan segala kemudahan untuk seseorang yang teramat kucintai, dekatkanlah ia dalam ketentraman hati, muliakanlah atas doa-doanya kepadaku, dan peliharalah kami hingga sampai bertemu di surgaMu..Sesungguhnya Engkau Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,.. Amin…

ibu001



KARENA KAMI ADALAH MUSLIMAH….

Ada di balik rindangnya hijau daun, menyusup cahaya matahari menerpa raut bidadari kelak penghuni surga, yang selalu terlihat teduh bagi yang memandangnya. Muslimah dan mujahidah yang tiada kenal lelah, yang selalu melepas ulasan senyum di keletihan, dan ketegaran di tengah masalah yang datang. Muslimah cantik, dengan keanggunan hijab kasih sayang Yang Maha Rahman, selalu hadir menginspirasi lewat kesantunan lisan. Muslimah dermawan, menepati langkahnya untuk kebaikan, mengulurkan tangan tiada pamrih, berpegang pada lembutnya kesabaran. Muslimah cerdas, dengan rendah hati menundukkan hati yang keras, dengan luasnya ilmu menaklukan kesombongan. Muslimah tangguh, berkeinginan kuat untuk perubahan, mampu mensyukuri segala keadaan.

Sebening embun yang menyejukkan, kehadirannya memberikan kegembiraan dan rasa lapang, kebersamaannya membuat makin ingat akan kebaikan, keceriaannya bagai warna di tiap cerita, gelisah berganti tawa, sedih diganti bahagia. Muslimah jelita, pengganti bidadari surga, yang dijanjikan meraih kenikmatan Arasy diantara sungai-sungai yang mengalir dan berkilau karena cahayanya.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sederet kalimat sederhana di atas sesungguhnya merupakan keinginan dan segenap motivasi diri untuk menjadi profil yang dikehendaki Islam, yang diridhoi Allah. Sahabat Muslimah, seiring dengan bergantinya waktu, yang seakan berebut dengan hitungan nafas kita, maka sungguhlah hati ini sadar bahwa kedewasaan telah menanti. Sebuah masa dimana begitu bebas kita memilih dan menuntun langkah kearah yang kita kehendaki. Sebuah episode yang lain dari sebelumnya, yang telah memperkenalkan pada jalan dakwah yang memperkuat jiwa kita. Detik tadi tidak bisa teraih kembali, dan hari-hari ke depan kita tak bisa tahu. Ingatlah, begitu Ia mencintai kita dengan lindungan Islam, mengistimewakan diri kita dalam barisan yang terpilih. Meski kita terkadang bertanya sendiri, mengapa kita ada dalam deret orang-orang yang luar biasa sementara kita hanyalah satu ruh dengan fisik dan otak yang tiada seberapa. Kita pun tiada mampu menerka rencananya, selain meyakini bahwa inilah jalan menuju kelapangan titian shirat.. Ya Allah, betapa miskin jiwa ini..

“ dan hendaklah diantara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung… “ (QS : Ali Imran :104)

Ya Allah, jika bukan karena tuntunanMu, maka tiada ruang lagi bagiku untuk berbuat baik, tiada lagi waktu untukku beramal. Yang ada hanya manusia yang kosong dan tidak teraih hidayahMu.. Sungguh kecintaanMu kepadaku tiada terputus, apakah diri ini memang Engkau kehendaki bertemu denganMu kelak dengan wajah berseri… Sungguh Engkau Maha Pengampun Ya Rabb, hingga saat ini masih menjagaku dalam tauhid, dan ladang amal yang menunggu.. Ya Rabb,sungguh beruntungnya diri ini….

Sahabat muslimah, kita telah terlahir sebagai perempuan yang dipilihNya dengan kelembutan di balik kekuatan, dan segala anugerah dan amanah agar mampu dijaga. Kelebihan diri adalah titipan Allah untuk mempermudah dalam menyeru di jalanNya. Semoga segala yang kita miliki akan sampai menuju surga pada akhirnya, ..

“ barangsiapa menghendaki pahala di dunia, maka ketahuilah bahwa di sisi Allah ada pahala dunia dan akhirat, Dan Allah Maha Mendengar, Maha Melihat ( An- Nisa : 134)

dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa (Al Imran : 133)


Maha suci Allah dengan segala firmanNya

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh….

cahaya mata, 23 Januari 2009 01.05

dodol

SEMANGAAAAAAT!!!!

Tiada yang lebih membahagiakan,

selain membuatmu selalu tersenyum

dan merasa nyaman bersamaku

Sahabatku, inginnya ku tetap melangsungkan dakwah ini bersama kalian. dan menyaksikan cita kita terwujud di asrama ini

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Halo teman kemuslimahan…

ANIS, SEKAR, FITRI, FHURO, SULIS, YENNY, LUTHFI,..

bagaimana ya untuk mengungkapkan terimakasih saya,

karena bersedia membantu meringankan beban yang telah dimaknai dengan anugerah

bahagia sekali berteman dan melepas tawa dengan kalian.. dan hati yang lemah ini selalu bersyukur ketika bertemu dengan kalian beserta wajah yang selalu berseri,

wah temanku yang kusayang karena Allah,

aku benar-benar sayang kalian….

Responses

  1. Pagi ini secerah namaku
    masih dalam kemurahan sejuknya nafas baru
    mendengar instrumen alam yang mengisyaratkan ketentraman
    dan kehidupan yang sangat indah
    Ya Rabb… inginnya ku berjumpa
    di tempat muliaMu di waktu akhir…

  2. jika aku boleh melantunkan lagu
    sungguh bahagia hati ini
    mengingat kesyukuran yang tiada terukur
    ada Maha Rahman disisiku
    dan ku boleh melanjutkan langkah karenanya
    yang lebih berani
    akan kuutarakan cemerlang gagasanku,
    tentang keindahan dakwah
    tentang manisnya ukhuwah

    Ya Rabb,
    jika bukan karena sahabat sahabat ku,
    mungkin hanya ada luka dan hati yang berat
    dan air mata yang menjadi teman sedih

  3. selamat berganti langkah ukh


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: